Tugas PBO 1 : Typewriting dan HelloWorld

Latihan typewriting di Typing Club

    Mengetik merupakan skill yang sangat diperlukan di era digital sekarang. Ada banyak sekali bidang pekerjaan dan jenis kegiatan yang menuntut pekerjanya bisa mengetik, mulai dari untuk mengetik dokumen sampai ke pemrograman. Kecepatan mengetik menjadi pendukung kita dalam mengerjakan pekerjaan kita. Mengetik yang ideal adalah disaat kita bisa mengetik dengan posisi jari ideal atau yang biasa disebut dengan mengetik 10 jari dan tanpa perlu lagi melihat ke keyboard. Banyak orang yang ingin memiliki kemampuan tersebut. Nyatanya, orang-orang tersebut belum memiliki kemampuan untuk mengetik dengan ideal termasuk saya.
    Saat di kelas PBO, dosen saya memberitahukan suatu website yang bisa dimanfaatkan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan mengetik kita dengan ideal. KIta bisa mengakses website tersebut di alamat disini.

    Kita bisa melihat tampilan halaman utama website sebagai berikut.
    
    Ada banyak sekali latihan yang tersedia. Mulai dari yang paling dasar, hingga yang paling advance. Level kesulitan juga dibagi mulai dari Home Row, hingga yang paaling sulit Advanced Level 9 yang berisi level tertinggi yaitu level 685.




    Saat pertama kali memulai nya, kita akan dilatih untuk memposisikan tangan dan dimulai dari jari acuan yaitu jari telunjuk di huruf F dan J. Akan berlanjut ke jari tengah dan seterusnya. Setiap kita menyelesaikan suatu level akan terdapat review dari yang baru kita selesaikan, seperti pada gambar.
    

    Nah, yang paling seru nya lagi, di sini disediakan game juga loh untuk membuat kita semakin bisa mengetik dan berpacu dengan waktu.

    Jadi, demikianlah latihan saya kali ini. Kalian juga harus mencobanya!! Karena skill mengetik itu sangat penting looh....

Program HelloWorld dengan Bahasa Java menggunakan BlueJ

    Ada banyak IDE yang digunakan dalam pemrograman dan salah satunya adalah BlueJ.
    BlueJ adalah  IDE khusus yang dibuat sebagai media pengajaran bahasa pemrograman Java. IDE ini dikembangkan oleh Michael Kolling pada tahun 1999 dan terus dikembangkan sampai sekarang berkat dukungan dari SUn Microsystem (sekarang Oracle) dan University of Kent. BlueJ juga merupakan aplikasi open source  dibawah lisensi GNU GPL versi 2.

    Untuk yang pertama, saya mencoba menampilkan Hello World dengan menggunakan BlueJ. Berikut hasilnya.



    Source code nya saya tampilkan di bawah ini.













Nama    : Albert Filip Silalahi
NRP     : 05111940000116      


Komentar

Postingan Populer